Cara Memasang Rumput Sintetis Untuk Taman

  1. Siapkah lahan yang akan dipasangi grass sod rumput sintetis. Hilangkan permukaan tanah setebal 3 inchi atau menyesuaikan ketebalan grass sod. Pastikan lahan benar – benar bersih dari daun kering, batu, kerikil, atau benda lain yang biasa menancap di tanah.
  2. Sebarkan kerikil baru yang sudah dihancurkan kecil – kecil pada lahan yang akan dipasangi rumput sintetis. Keberadaan kerikil berguna dalam proses drainase ketika hujan turun, sehingga tidak akan menggenangi dan merusak rumput sintetis.
  3. Padatkan batuan kerikil tersebut dengan plate tamper mekanik sehingga permukaan kerikil menjadi padat dan keras, hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir pori – pori atau celah antar batuan kerikil.
  4. Lapisi permukaan kerikil yang sudah dipadatkan dengan heavy-duty landscape cloth. Lapisan ini melindungi rumput sintetis dari sisi tajam batu kerikil yang bisa saja mengenai rumput sintetis dan merusaknya. Lapisan ini juga bisa menghambat pertumbuhan rumput liar di sela – sela rumput sintetis.
  5. Pasang beberapa lapis rumput sintetik satu per satu membentuk barisan yang rapat. Pastikan Agar ujung rumput mengarah ke arah yang sama agar terlihat lebih natural. Jika Ada perbedaan ketinggian, bisa saja Anda memotongnya untuk meratakan ketinggian rumput.
  6. Paku ujung – ujung lapisan rumput dengan paku setebal 6 inchi. Rekatkan tiap sisi rumput sintetis dengan kelim atau perekat yang sudah ada di tiap sisi lapisan rumput sintetis. Anda bisa menancapkan paku di tengah perekat setiap 6 inchi untuk memperkuat daya rekatnya.
  7. Taburkan pasir atau rubber infill agar rumput sintetis terlihat lebih natural ketika ditumbuhkan di halaman rumah.
  8. Semprot permukaan rumput dengan sedikit air agar terlihat basah dan berkilauan ketika terkena sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *